Selasa, 05 Januari 2016

CARA PENULARAN VIRUS FLU

Cara Penularan Penyakit Influenza. Flu, atau influenza, adalah infeksi virus menular yang mempengaruhi sistem pernapasan. Flu sering dapat diobati di rumah, meskipun rumah sakit mungkin diperlukan jika ada komplikasi.
Identifikasi

Gejala flu mungkin termasuk demam, bersin, hidung tersumbat, sakit kepala, batuk, berkeringat, menggigil, kehilangan nafsu makan, kelelahan, nyeri otot, lemah dan sakit tenggorokan. Muntah dan diare dapat terjadi pada anak-anak dan beberapa orang dewasa yang sedang flu.
Virus flu adalah virus udara yang menyebar ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin. Virus dapat terhirup atau dapat tertular dengan menyentuh sebuah benda yang telah terkontaminasi bersama virus dan kemudian menyentuh mulut, hidung atau mata. Tiga jenis virus influenza, yang disebut influenza A, B dan C, menyebabkan wabah flu. Virus influensa A dan B lebih sering terjadi daripada influenza C dan strain virus biasanya disertakan dalam vaksin flu, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
Cara Penularan Penyakit Influenza
Virus influenza dapat menular antar manusia dalam tiga cara: (1) melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi, (2) melalui kontak dengan benda yang terkontaminasi (disebut fomites, seperti mainan, pegangan pintu), dan (3) jika menghirup virus (serat aerosol). Kontribusi setiap cara penularan keseluruhan influenza tidak diketahui. Namun, untuk mengendalikan penularan virus influenza dalam pengaturan perawatan kesehatan mencakup langkah-langkah yang meminimalkan penyebaran oleh aerosol dan mekanisme fomite.
Penularan melalui pernapasan tergantung pada produksi aerosol yang mengandung partikel virus. Berbicara, menyanyi, dan pernapasan normal semua produk aerosol, sedangkan batuk dan bersin menyebabkan pengeluaran virus yang lebih kuat. Saat batuk dapat menghasilkan beberapa ratus tetesan, bersin yang baik dapat menghasilkan sampai 20000. Partikel aerosol yang dihasilkan oleh kegiatan ini dengan ukuran yang berbeda. Tetesan terbesar jatuh ke tanah dalam beberapa meter dan akan mengirimkan infeksi hanya untuk orang-orang di sekitarnya. Tetesan lain ditentukan perjalanan jarak oleh ukuran mereka. Tetesan mereka berukuran diameter 1-4 mikron disebut ‘droplet nuklei’, ini tetap tersuspensi di udara untuk waktu yang sangat panjang dan tidak hanya berjalan jauh, namun dapat mencapai saluran pernapasan bagian bawah. Menghirup tetesan tetesan dan tempat inti virus pada saluran pernapasan bagian atas, di mana mungkin memulai infeksi.
Sekresi hidung, yang mengandung partikel virus, bertanggung jawab untuk penularan melalui kontak langsung atau melalui benda-benda yang terkontaminasi. Orang yang terinfeksi akan sering menyentuh hidung atau konjungtiva mereka, sehingga virus menempel pada tangan mereka. Kontak intim atau non-intim (misalnya tangan gemetar) akan mentransfer virus ke orang lain, yang kemudian akan menginfeksi dirinya dengan menyentuh hidung atau mata mereka. Ketika tangan menyentuh benda-benda lain yang terkontaminasi, virus ini dialihkan kepada mereka. Dalam sebuah penelitian, 23-59% dari benda-benda dari rumah menjadi fasilitas penitipan atau sebagai pelabuhan RNA virus influenza. Penelitian lain menunjukkan bahwa virus influenza menular dapat bertahan pada mata uang kertas selama beberapa minggu.
Penularan influenza dapat dikurangi dengan menutup hidung dan mulut saat batuk atau bersin, dan dengan sering mencuci tangan dengan sabun dan air atau pembersih tangan berbasis alkohol. Tidak direkomendasikan penggunaan masker wajah untuk mengurangi penyebaran virus. Adalah penting untuk mengenali bahwa, pada infeksi manusia, tingkat maksimum penumpahan virus dapat terjadi sekitar satu hari sebelum puncak gejala.
Pengobatan
Pengobatan untuk flu melibatkan mendapatkan banyak istirahat, minum cairan dan minum obat nyeri over-the-counter. Obat antiviral seperti Tamiflu atau Relenza, dapat mempersingkat durasi flu oleh hari atau lebih jika diambil segera setelah Anda mengembangkan gejala flu. Obat-obat ini tersedia dengan resep dokter. Kemungkinan efek samping dari obat-obatan termasuk muntah, mual, kehilangan nafsu makan, kesulitan bernafas dan pusing.
Pencegahan / Solusi
Vaksin flu, tersedia dalam bentuk injeksi dan mist, menurut WHO, vaksin dapat mencegah 70 persen menjadi 90 persen dari penyakit influenza tertentu pada orang dewasa yang sehat. Vaksin tambahan mungkin diperlukan jika vaksin untuk tahun tertentu tidak mencakup strain influenza yang sangat luas. Pada tahun 2009, CDC merekomendasikan bahwa orang menerima vaksinasi tambahan untuk melindungi terhadap tertular virus flu H1N1. Setelah Anda memiliki vaksinasi flu atau menggunakan mist flu, Anda tidak akan dilindungi dari flu selama sisa hidup Anda. Karena jenis influenza A dan B bermutasi terus-menerus, vaksin baru diperlukan setiap tahun untuk melindungi terhadap bentuk-bentuk baru dari virus.
Komplikasi
Ketika kebanyakan orang sembuh dari flu tanpa efek tersisa, beberapa orang mengalami komplikasi serius yang berakibat harus berada di rumah sakit atau bahkan kematian. Kemungkinan komplikasi flu termasuk bronkitis, pneumonia, memburuknya kondisi kesehatan kronis, infeksi telinga atau sinus atau ensefalitis (radang otak). Komplikasi lebih sering terjadi pada bayi, anak kecil, orang-orang yang lebih tua dari 50 dan pelayan kesehatan jangka panjang. Wanita hamil dan orang dengan masalah kesehatan kronis atau sistem kekebalan tubuh yang lemah juga mungkin menghadapi risiko komplikasi lebih tinggi. Bekerja di penitipan atau fasilitas perawatan kesehatan dapat meningkatkan risiko terkena komplikasi jika Anda terkena flu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar