Senin, 16 November 2015

MAKANAN DAN MINUMAN YANG BAIK UNTUK KESEHATAN

  • da begitu banyak manfaat dari berpuasa, tidak hanya bertujuan untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan tapi juga untuk membuat tubuh agar jadi lebih sehat. Namun sayangnya, terkadang puasa yang dilakukan tidak dibarengi dengan cara yang tepat, terkadang kita hanya asal saja menahan lapar selama periode waktu tertentu. Cara demikian sangat tidak bijaksana karena malah dapat membahayakan kesehatan tubuh kita. Ketika berpuasa tubuh kita dipaksa untuk membiasakan diri dengan sebuah rutinitas baru. Tubuh perlu waktu untuk menyesuaikan diri, maka kita harus melakukan persiapan dengan baik atau jika tidak, niat baik berpuasa yang akan kita lakukan justru bisa gagal di tengah jalan karena tubuh menjadi sakit.
    Ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk menjalankan puasa, salah satunya adalah memilih makanan sehat yang akan dikonsumsi. Makanan yang kita konsumsi memiliki andil besar dalam keberhasilan puasa kita, makanan yang sehat dapat menjaga tubuh kita dari terserang penyakit yang tidak diharapkan, serta untuk menjaga tubuh kita agar senantiasa kuat selama waktu puasa.
    Karena begitu pentingnya peran makanan selama berpuasa, berikut beberapa jenis makanan sehat beserta minuman yang baik dan sangat direkomendasikan untuk Anda konsumsi, di antaranya adalah:
  • 1. Buah-buahan

    Beruntunglah kita yang tinggal di Indonesia karena buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka, blewah, melon, pepaya, jeruk, mangga, sirsak dan sebagainya tidak sulit dijumpai dan hampir bisa ditemukan di sepanjang musim. Di samping kandungan vitamin dan mineralnya yang melimpah, buah-buahan yang mengandung banyak air dapat mencegah kita dari dehidrasi karena hilangnya cairan tubuh selama waktu berpuasa.
  • 2. Sayuran

    Berbagai macam sayuran seperti bayam, brokoli, wortel, kentang, kacang panjang, dan sebagainya sangat baik dikonsumsi selama menjalankan puasa. Kandungan serat baik yang banyak dikandung oleh sayuran tersebut dapat mencegah kita dari rasa lapar untuk sementara waktu serta untuk menjaga sistem pencernaan kita agar dapat senantiasa berfungsi dengan baik selama berpuasa. Namun, ternyata tidak semua sayuran direkomendasikan untuk dikonsumsi ketika berpuasa. Ada 3 jenis sayuran yang menurut para ahli sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi terlalu banyak, yaitu sawi putih, kol dan kangkung, mengapa? Karena selama proses pencernaan oleh usus, kol dan sawi putih ternyata dapat menghasilkan gas di dalam perut sehingga dapat menyebabkan sakit perut karena kelebihan gas, sedangkan kangkung ditengarai karena kandungan kapurnya yang terlalu banyak, sehingga bagi para penderita asam urat kangkung bisa menjadi mimpi buruk mereka.
  • 3. Kacang-kacangan

    Makanan sumber protein ini bisa dijumpai dalam berbagai jenis kacang-kacangan. Fungsi lain dari kacang-kacangan adalah untuk mengatur regulasi gula darah, penyerapan kalsium, dan metabolisme lemak dan karbohidrat.
  • 4. Telur

    Telur banyak mengandung vitamin A dan D, sehingga sangat baik untuk mata dan kesehatan tulang kita. Konsumsilah telur dengan secukupnya untuk memastikan asupan vitamin bagi tubuh Anda tercukupi selama puasa.
  • 5. Daging

    Sumber protein berikutnya banyak dijumpai dalam daging, guna memenuhinya Anda sangat disarankan untuk banyak mengkonsumsi ikan dan mengurangi daging merah seperti daging sapi, kambing, kerbau, dan sebagainya.
  • 6. Yogurt

    Kandungan bakteri baik dalam yogurt sangat dibutuhkan oleh usus selama proses pencernaan makanan, oleh karena itu rutin mengkonsumsi yogurt ketika Anda berpuasa dapat menyehatkan sistem kerja usus Anda dan mampu menurunkan tekanan darah.
  • 7. Kurma

    Bagi umat Muslim, kurma selalu hadir menemani ketika menjelang bulan puasa Ramadhan. Kandungan vitamin dan mineral di dalam kurma yang begitu banyak sangat baik untuk mengembalikan dengan cepat tenaga yang terkuras selama berpuasa.
  • 8. Air putih

    Makanan sehat yang dikonsumsi tidak akan berfungsi dengan baik jika seseorang mengalami dehidrasi, oleh karena itu meminum air putih yang cukup akan mengembalikan cairan yang hilang selama puasa. Sebaiknya ketika Anda akan berbuka sedapat mungkin hindarilah meminum kopi, teh, atau minuman berkarbonasi karena itu tidak baik untuk sistem pencernaan Anda yang sedang kosong selama beberapa jam ketika Anda berpuasa.
  • 9. Jus buah

    Jus buah sudah tidak diragukan lagi bahwa kandungan vitaminnya sangat diperlukan oleh tubuh, namun sebaiknya kurangilah penggunaan gula pasir ke dalamnya agar kandungan gula di dalam darah Anda senantiasa terjaga pada batas normal yang diperlukan oleh tubuh.
  • 10. Air kelapa muda

    Air kelapa muda diketahui mengandung cairan elektrolit yang hampir menyerupai cairan elektrolit di dalam tubuh, oleh karena itu disamping air putih untuk melepas dahaga air kelapa muda juga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi selama menjalankan puasa.
sumber :http://keluarga.com/kesehatan/beberapa-jenis-makanan-dan-minuman-yang-baik-untuk-dikonsumsi-selama-puasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar