Senin, 16 November 2015

PELESTARIAN HEWAN DAN TUMBUHAN LANGKA

elestarian Hewan dan Tumbuhan di indonesia Beserta Contoh Soal - Indonesia merupakan negara yang memiliki keaneka ragaman hayati  dengan jumlah yang paling tinggi dibandingkan dengan negar-negara yang lain.Dengan sekian banyaknya keragaman hayati yang ada di indonesia,beberapa diantarannya terancam kepunahan.Kepunahan sendiri disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah perburuan hewan secara liar dan juga perusakan hutan yang dilakukan oleh manusia.

Pemerintah telah mengupayakan berbagai cara agar hewan-hewan tersebut tidak mengalami kepunahan.Beberapa jenis tumbuhan dan hewan yang terancam mengalami kepunahan telah dilindungi dalam undang-undang.Apabila ada seseorang yang melanggar undang-undang tersebut, bisa terkena sanksi yang berupa hukuman pidana.Dengan sanksi yang diberikan pemerintah tersebut diharapkan perburuan hewan dan tumbuhan langka, memberikan efek jera dan perburuan ataupun perdagangan hewan dan tumbuhan yang masuk dalam daftar hewan yang dilindungi UU ini bisa diberhentikan.

Kenapa pelestarian hewan dan tumbuhan langka perlu dilakukan? karena untuk mencegah terjadinya kepunahan hewan dan tumbuhan, ada beberapa upaya pelestarian yang dilakukan salah satunya yaitu mendirikan tempat perlindungan bagi hewan dan tumbuhan langka.Tujuan dari pelestarian sendiri tidak hanya mencegah kepunahan saja, tetapi juga untuk menjaga keseimbangan ekosistem dan melestarikan keanekaragaman hayati.

Upaya yang lain dalam pelestarian hewan dan tumbuhan langka yaitu dapat dilakukan dengan cara tidak berburu hewan langka, menangkarkan hewan-hewan langka, dan mencari bahan alternatif sebagai pengganti bahan yang berasal dari hewan-hewan langka dengan mecniptakan pengganti berbahan sintesis. Pelestarian tumbuhan dapat dilakukan dengan cara tidak menebang pohon sembarangan, melakukan tebang pilih, melakukan program reboisasi dengan menanam bibit tumbuhan yang sudah langka, dan melakukan pemeliharaan tanaman dengan benar.

Selain itu, upaya dengan cara mendirikan tempat-tempat perlindungan bagi tumbuhan dan hewan langka. Sebagai contoh suaka margasatwa, cagar alam, kebun binatang, kebun raya, dan taman nasional.Beberapa tempat perlindungan beserta jenis tumbuhan atau hewan yang dilindungi sebagai berikut.
  • Suaka Margasatwa di sukabumi, jawa barat. Hewan yang dilindungi antara lain penyu hijau, banteng, kancil, rusa, babi hutan, burung rangkok, burung merak, dan biawak.
  • Cagar alam Dr. Moch. Hatta di padang, Sumatra Barat. Tumbuhan yang dilindung antara lain : Rafflesia, Amorphophallus, dan Eugenia.
  • Taman  Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur. Tumbuhan yang dilindungi antara lain  : kayu hitam dan bayur. Sementara itu, hewan yang dilindungi adalah komodo.
  • Kebun binatang Gembira Loka di Yogyakarta, Jawa tengah. Hewan yang dilindungi diantarannya Tapir dan Gajah.
    Kebur raya di bogor, jawa barat. Tumbuhan yang dilindungi Bunga bangkai, tumbuhan paku, dan anggrek 
  • Taman Nasional Alas Purwo di banyuwangi, jawa Timur. Hewan yang dilindungi Ayam Hutan, Cekakak Jawa, Merak, Rangkok, dan Kangkareng.
  • Taman Nasional Gunung Ciremai di cirebon, jawa barat. Hewan yang dilindungi Pelanduk Jawa,  Macan Tutul, Kukang Jawa, dan Pelanduk Jawa.
sumber :http://www.wenext.net/2015/08/pelestarian-hewan-dan-tumbuhan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar